Butuh Jam Terbang

NAMA pemain belakang Catur Rintang memang belum sepopuler rekan-rekannya di lini pertahanan, seperti Evaldo, Soyan Morhan, Phaitoon, dan seniornya Anama Sahrul. Tetapi, penampilannya bersama Laskar Kalinyamat yang pantang menyerah, mendapatkan apresiasi dari pelatih Persijap Jepara Junaidi.
Pemilik tinggi 173 cm ini memang masih membutuhkan jam terbang untuk menempa mental bertandingnya. Dari dua kompetisi yang berbeda, Catur sudah sedikit mendapatkan kepercayaan di lini belakang bahu membahu bersama Evaldo dan Phaitoon.
Saat di Copa Indonesia, durasi waktu 15 menit saat melawat ke Persiku di leg kedua cukup memberikan penilaian pada penampilannya. Saat bermain lawan PSM, pekan ini, Catur dicoba kembali oleh Bang Jun menggantikan Sofyan Morhan.
“Saya diberi waktu Bang Jun lima menit terakhir mengganti posisi Sofyan. Tidak ada rasa grogi saat bermain bersama dengan Evaldo, Phaitoon atau Anam. Biasa saja,” ujarnya saat ditelepon dalam perjalanan menuju Jepara, Senin (2/2).
Resep Tak Demam
Menurut pengidola Alessandro Nesta (pemain AC Milan red), resep tidak demam panggung saat bermain dengan para seniornya di laga sekrusial melawan PSM karena dukungan dari semua unsur tim, termasuk sang pelatih.
“Sebelum saya masuk, Bang Jun berbicara agar saya bermain semangat, tidak perlu grogi dan penuh konsentrasi. Hal itulah yang selalu saya pegang saat bertanding. Kawan-kawan pun memberikan motivasi kepada saya,” tutur pemain asal Desa Kuwasen yang masih berusia 22 tahun ini.
Obsesinya saat ini tidak terlalu muluk-muluk. Hanya ingin tetap bermain dengan durasi waktu lebih lama dan tentunya tetap membela Persijap. “Instruksi pelatih pada saat latihan selalu saya ikuti dengan serius. Selain itu, saya selalu belajar dan memetik ilmu dari pemain belakang lainnya seperti Evaldo dan Phaitoon,” kata jebolan Diklat Salatiga itu.
Dia meniti karier di sepak bola saat kelas 1 SMP. Saat itu, dirinya bergabung dengan SSB Putra Sabilan yang dilatih Harsudi. “Pak Harsudi-lah yang menempatkan saya di posisi pemain belakang dan saya nikmati sampai saat ini,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

